Posted in habits, inspiration, islam, muslims, thoughts

Lughotuna Al-‘Arabiyah

Inilah alasan bagimu -wahai saudara muslimku- mengapa kau harus mempelajari bahasa Arab ini.

0332-300x225

  1. Bahasa Al-Quranul Karim Bahasa Arab

Tidakkah engkau perhatikan saudaraku bahwasanya Al-Quran, kitab yang penuh dengan berkah ini berbahasa Arab. Tidakkah engkau ingin membaca pesan-pesan dari Allah ta’ala dengan bahasa aslinya yang ia turunkan? Sungguh barangsiapa yang membacanya dengan bahasa aslinya akan menemukan kelezatan yang berbeda dari hanya membaca terjemahannya.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ


Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya. (Yusuf:2)

Barangsiapa yang membacanya dengan bahasa Arab, akan lebih mudah untuk mentadabburinya, merenunginya, dan berinteraksi dengannya. Maka marilah saudaraku kita sama-sama mempelajari bahasa yang mulia ini.

2.  Bahasa Nabi Kita Shallahu Alaihi Wa Sallam

 Nabi kita Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam, bahkan dilahirkan di Arab. Maka suatu keanehan bagi mereka yang membenci bahasa Arab dan budayanya, sungguh aneh. Bayangkan ketika kita memahami bahasa Arab maka kita dapat memahami hadits Nabi Shaallallahu Alaihi Wa Sallam. Kita tidak akan terombang-ambing dengan terjemahan-terjemahan yang berbeda diantara pihak-pihak yang ada. Maka tidakkah kita ingin memahami sabda-sabda Nabi kita Shallallahu Alaihi Wa Sallam dengan lebih baik? Tentu kita ingin.

Katakanlah (hai Muhāmmad), jika kalian (benar-benar) mencintai Allâh maka ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintai kalian dan Allah akan mengampuni dosa-dosa kalian, dan Allah Māhapengampun lagi Mahapenyayang” (QS. Al-‘Imrân: 31)

3. Bahasa Arab itu Indah

Jika kita perhatikan saudara-saudaraku, bahasa Arab adalah bahasa yang sangat indah. Dari yang penulis perhatikan, struktur dasar yang ada pada setiap kata kerja kebanyakan hanya terdiri dari 3 huruf, ka-ta-ba = menulis, fa-‘a-la = melakukan, dza-ha-ba= pergi dan dari 3 huruf itulah dapat dikembangkan menjadi pola-pola kalimat yang lebih tinggi.

Dan tidakkah terpikir oleh kita sekalian, rasanya berbeda ketika kita mendengarkan salah satu Qori’ yang indah seperti As-Sudais, Salah Bukhatir, Shuraim, bacaan mereka lebih indah didengar dan direnungi daripada lagu-lagu yang tersebar di zaman modern ini. Inilah salah bukti bahwa bahasa Arab ialah bahasa yang indah, bahasa yang dapat menyentuh hati manusia.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s